PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DI INSTANSI PEMERINTAH HARUS MEMENUHI PRINSIP , EFISIEN, EKONOMIS.EFEKTIF, TRANSFARAN DAN BERTANGGUNG JAWAB

Pengelolaan Keuangan Daerah merupakan sebuah kegiatan yang sangat kompleks, meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggung-jawaban dan pengawasan. Dalam pengelolaan keuangan dalam suatu instansi pada kurun waktu tertentu, sesuai pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 terntang Pengelolaan Keuangan Daerah maka konsep pengelolaaan keuangan pada intinya adalah taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis.efektif, transfaran dan bertanggung jawab serta memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat. Upayauntuk memperkuat hal tersebut perlu juga dukungan berbagai pihak, termasuk staf pelaksana yang memiliki kompetensi dan kemampuan untuk merlaksanakan kegiatan tersebut secara baik dan benar.

Hal itu disampaikan Kepala BPSDM Provinsi Bali, Dr Ida Bagus Sedawa,SE,M.Si dalam acara Pembukaan Diklat Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah Permerintah Provinsi Bali Tahun 2019 , di Aula Padma BPSDM Provinsi Bali, Selasa (21/5).

Sedawa juga menjelaskan bahwa untuk memenuhi kompetensi yang diperlukan oleh staf pelaksana, Pemerintah Provinsi Bali maka BPSDM Provinsi Bali menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah secara berkesinambungan. Hal ini juga bertujuan untuk mendukung Visi Pemerintah Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru dengan misi “mengembangkan sistem tata kelola pemerintahan daerah yang efektif, efisien, terbuka, transparan, akuntabel dan bersih serta meningkatkan pelayanan publik yang cepat, pasti dan murah.

Lebih jauh juga ditekankan bahwa pengelolaan keuangan daerah merupakan kegiatan yang strategis dalam pengelolaan pembangunan melipuiti banyak hal, banyak materi pembelajaran yang musti diketahui dan dipahami oleh staf pengelola keuangan namun terstruktur kami akan terus melakukan pengembangan kompetensi baik didalam maupun diluar kelas melalui kegiatan pelatihan, seminar, workshop, bimtek, pertukaran/magang dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.