“PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM SATU PINTU”

Coorporate University, itulah yang dihapapkan LAN-RI dari arah pengembangan pengelolaan BPSDM di seluruh Indonesia, dan arah Pelatihan Kepemimpinan Manajerial Level Taktikal ini selaras dengan Misi ke 22 Pemerintah Provinsi Bali 2018-2023 yaitu “Mengembangkan sistem tata kelola Pemerintahan Daerah” yang merupakan penjabaran dari Visi “ Nangun Sat Kerthi Loka Bali” Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencasna menuju Bali Era Baru. Mengembangkan sistem kelola Pemerintahan Daerah yang Efektif, Terbuka, Transparan, Akuntabel dan Bersih serta meningkatkan Pelayanan Publik yang terpadu, cepat, pasti dan murah.

Secara Institusi bahwa penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III angkatan V Pola Kontribusi ini merupakan implementasi dari kegiatan Pengembangan Kompetensi SDM Satu Pintu, dan sekaligus berkat kerjasama yang baik antara Kabupaten/Kota/Instansi Vertikal dengan BPSDM Provinsi Bali sehingga sampai saat ini dapat berlangsung Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Angkatan V Tematik Kepariwisataan Tahun 2019 di BPSDM Provinsi Bali.

Kami mengapresiasi positif, bahwasanya rekan-rekan Kepala BKPSDM Kabupaten/Kota memberikan dukungan atas Pelatihan Kepemimpinan ini baik untuk Jabatan Pengawas, Administrator, dan Jabatan Pimpinan Tinggi pelaksanaanya dengan pola kontribusi, hal ini tentu tidak terlepas dengan adanya penegasan dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia hanya Lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang terakreditasilah boleh menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Adminsitrator (PKA)

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali Dr.Ida Bagus Sedawa, SE, M.Si dalam acara Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Tematik Kepariwisataan Provinsi Bali  angkatan V Tahun 2019 , di Aula Melati BPSDM Provinsi Bali, Selasa (18/6).

Selanjutnya Sedawa juga menekankan  bahwa keberhasilan Reformasi Birokrasi sangat tergantung pada Sumber Daya Kepemimpinan yang memiliki kompetensi dan memiliki mindset perubahan, oleh karena itu maka pelatihan kepemimpinan ini dimaksudkan agar pengembangan kompetensi pimpinan khususnya Pejabat Administrator mampu secara taktikal sebagai penggerak atau motor dalam pelaksanaan program fasilitasi dan pelayanan publik, disamping itu juga tuntutan saat ini terhadap para Pejabat Administrator harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dengan baik, kreatif, berpikir inovatif, dan inilah yang diharapkan dari gerakan Reformasi Birokrasi menuju “ Dinamix Best Birocratie” dengan aparatur yang berdaya saing dan inovatif.

Kepala Bidang Pengembangan  Kompetensi  Manajerial dan Fungsional BPSDM Prov. Bali Gede Ari Utama, SE. M.Si  menyampaikan tujuan dari Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III ini adalah untuk mengembangkan Kompetensi Kepemimpinan Pejabat Administrator yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

Ari Utama juga menambahkan jumlah peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III angkatan V ini diikuti oleh 28 orang peserta yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Badung sebanyak 18 orang, Pemerintah Kabupaten Kaimana sebanyak 5 orang, Sekretariat Dewan Kabupaten Teluk Bintuni sebanyak 3 orang, Pemerintah Kabupaten Mamasa sebanyak 4 orang, KPU Provinsi Bali sebanyak 1 orang dan KPU Provinsi NTB sebanyak 1 orang dan waktu penyelenggaraan Pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 17 Juni s.d. 7 Oktober 2019 bertempat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali Jalan Hayam Wuruk 152 Denpasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.